Tahap Perkembangan Anak Usia 1 Hingga 2 Tahun

Tahap Perkembangan Anak Usia 1 Hingga 2 Tahun

Setiap anak memiliki tahap perkembangan yang berbeda. Hal tersebut disesuaikan dengan beberapa faktor seperti psikologis, lingkungan, genetik hingga interaksi.

Oleh karena itu, ibu harus paham tahap perkembangan anak agar bisa menyesuaikan perkembangan anak dengan si buah hati. Jangan terlalu mengekang anak.

Mengingat setiap anak punya fase perkembangan yang berbeda. Berikut tahap perkembangan untuk anak usia 1 hingga 2 tahun :

Tahap Perkembangan Untuk Anak Usia 1 Tahun

  1. Berat badan dan tinggi

Menurut Kementerian Kesehatan RI, tinggi badan terbaik untuk anak berusia 1 hingga 2 tahun adalah 68,9 cm hingga 79,2 cm untuk perempuan.

Sedangkan untuk anak laki-laki, usia satu tahun tinggi badannya antara 71 cm hingga 80,5 cm. Untuk berat badan, anak perempuan berbobot 7 hingga 11,5 kg.

Sedangkan anak laki-laki berbobot 7,7 hingga 12 kg. Jika anak tidak memiliki berat badan yang disarankan tersebut, kemungkinan besar anak kekurangan gizi.

  1. Perubahan fisik

Di usia antara 1 sampai 2 tahun, kemampuan fisik anak sudah berkembang dengan baik. Di mana anak memiliki masa otot yang semakin komplek.

Jadi wajar jika anak sudah hisa berdiri tegak tanpa perlu bantuan orang lain. Anak juga sudah bisa mengambil barang diantara jari telunjuk dan ibu jari.

Perubahan fisik tersebut memungkinkan anak sudah bisa makan sendiri, membangun menara balok hingga menulis dengan alat tulis sepeti krayon atau sebagainya.

  1. Kemampuan berkomunikasi

Untuk kemampuan berkomunikasi, si anak juga sudah mampu melontarkan satu kalimat atau dua kalimat langsung secara cepat.

Contoh kata yang paling sering dilontarkan adalah mama, papa, mama kemana, mama cantik dan sebagainya. Namun biasanya, kata yang diucapkan masih kurang jelas.

Selain itu, meskipun kosakata yang dimiliki anak masih sangat terbatas, tapi kemampuan anak untuk melakukan perintah orang tua sudah bisa dilakukan.

Misal, mengambil sendok, membawa pensil atau sebagainya. Dari sini, orang tua bisa memulai memberikan perintah sederhana supaya anak mulai terbiasa.

  1. Kemampuan sosial

Kemampuan sosial anak ketika berumur satu tahun hingga 2 tahun belum terlalu menonjol. Mereka masih malu dengan orang baru yang ditemuinya.

Jadi tidak perlu heran jika anak usia satu tahun masih tidak mau bergaul dengan orang baru di sekelilingnya. Anak masih ingin bermain dengan orang tuanya saja.

Jangan ajak anak berpergian jika mereka tidak mau. Meski sederhana, tapi jika orang tua memaksa biasanya anak menjadi pribadi yang pendiam karena tertekan oleh orang di sekelilingnya.

Tahap perkembangan anak patut diperhatikan semua orang tua agar bisa memantau anak dengan baik. Apakah tumbuh kembang anaknya normal atau tidak.

Ketika masa perkembangan, anak juga harus diberikan asupan nutrisi yang cukup. Selain memberikan asupan ASI, susu formula juga menjadi pendamping ASI yang sangat tepat.

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.