Konjungsi Temporal Sederajat Dan Tidak Sederajat

konjungsi temporal sederajat

Pada tata bahasa Indonesia yang baik dan juga benar, Anda akan menemukan istilah kata hubung atau yang disebut sebagai konjungsi. Maka dari itu, sebagai warga negara masyarakat Indonesia yang baik harus memahami konjungsi temporal sederajat dan tidak sederajat.

Lalu sebetulnya apa sih kalimat konjungsi temporal itu? Langsung saja ikuti penjelasan berikut ini:

Definisi Konjungsi Temporal

Konjungsi temporal adalah tipe dari kata penghubung dalam bahasa Indonesia yang masih berkaitan dengan waktu. Untuk penggunaan dari kata hubung ini akan memakai dua frasa yang juga berkaitan sehingga dapat menjadi satu kalimat.

Di dalam pemakaiannya sendiri, untuk konjungsi temporal akan terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama merupakan jenis konjungsi temporal sederajat sedangkan yang kedua merupakan konjungsi temporal tidak sederajat.

Contoh dan Makna Konjungsi Temporal Sederajat

Untuk konjungsi temporal sederajat ini akan dipakai untuk menghubungkan dua frasa atau kalimat majemuk setingkat. Maka peletakan dari kata konjungsi ini tidak boleh ada di bagian awal maupun akhir kalimat. Karena menjadi kalimat penghubung harus berada di tengah kedua kalimat. Contohnya ialah:

  • Ban mobil itu telah diperiksa standar kualitasnya, selanjutnya dipasang pada mobil yang tengah diproduksi.
  • Percaya selalu duduk di salah satu sudut cafe, lalu memanggil seorang pelayan untuk meminta menu makanan ataupun minuman seperti biasanya.

Contoh dan Makna Konjungsi Temporal Tidak Sederajat

Jika dilihat secara definitif maka untuk jenis ini merupakan kata hubung yang akan menghubungkan kalimat majemuk dengan kedudukan yang bertingkat. Untuk penempatan dari kata jenis konjungsi temporal ini tidak terbatas diantara dua kalimat saja.

Mengenai contoh dari kata hubung tidak sederajat ini seperti semenjak, sementara, selama, sambil, apabila, sejak dan juga hingga. Contohnya adalah:

  • Sejak kucing kesayangannya mati, dia selalu bersedih sepanjang hari.
  • Sementara ibunya memasak di dapur, Tia menyapu bagian teras rumah.

Itulah sedikit penjelasan tentang konjungsi temporal sederajat dan tidak sederajat. Dengan adanya artikel seperti ini, tentunya akan membantu Anda ada untuk bisa lebih mengenal kalimat temporal yang baik sesuai dengan tata bahasa Indonesia.

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.