3 Jalur Pengiriman Cargo Yang Harus Kamu Ketahui

3 Jalur Pengiriman Cargo Yang Harus Kamu Ketahui

Jasa cargo merupakan sebuah jasa yang biasa digunakan untuk kebutuhan pengiriman barang. Pembelian barang yang dilakukan dari dua lokasi yang berjauhan membuat kita harus menggunakan jasa pengiriman barang seperti jasa cargo atau jasa ekspedisi. Saat ini jasa pengiriman barang cukup naik daun semenjak adanya pengaruh perkembangan dunia digital terhadap dunia jual beli sehingga memungkinkan seseorang untuk membeli barang secara online, oleh sebab itu jasa pengiriman barang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Tidak hanya dalam kota saja, kita bisa membeli barang dari luar kota, provinsi bahkan luar negeri. Sebagai pengetahuan dasar untuk kamu yang ingin membeli atau menjual barang ke luar negeri ini dia 3 jalur pengiriman cargo yang digunakan untuk transaksi dalam dan luar negeri.

  1. Pengiriman Via Darat

Pengiriman yang dilakukan di darat biasanya digunakan untuk transaksi antar kota atau antar pulau yang masih memungkinkan penyedia jasa untuk mengirimkan barang tersebut melalui jalur darat. Dalam pengiriman ini, Cargo akan dikirimkan dengan alat transportasi yang disediakan oleh penyedia jasa, beberapa transportasi yang digunakan antara lain truk, mobil pengirim, atau kereta api logistik. Pengiriman via darat bisa digunakan jika barang yang dikirim masih dapat dilalui oleh jalur darat dengan batasan jarak tempuh yang masih bisa dicapai. Cargo darat juga sering digunakan masyarakat dan para pelaku usaha untuk mengantarkan barang hasil transaksi mereka ke daerah pelosok, hal ini dikarenakan pengiriman dengan menggunakan jalur darat memiliki harga yang lebih murah, dapat di tracking, dan barang cenderung lebih aman dari kerusakan.

  1. Pengiriman Via Laut

Untuk jenis pengiriman yang dilakukan melalui laut, biasanya sering dilakukan apabila barang memiliki volume yang besar dengan cakupan pengiriman yang membutuhkan jarak yang cukup jauh. Pengiriman via laut sering dilakukan untuk pengiriman mesin industri yang dikirim antar pulau ataupun pengiriman dari satu negara ke negara lain. Untuk pengiriman ke tempat tujuan yang terpisahkan oleh laut pengiriman via laut merupakan salah satu pengiriman yang populer yang banyak ditawarkan oleh jasa forwarder karena dalam satu kapal bisa memiliki banyak ruang sehingga dapat memuat banyak barang. Selain itu pengiriman Cargo via laut juga cenderung lebih murah pengiriman darat ataupun udara dengan jarak yang sama.

  1. Pengiriman Via Udara

Yang terakhir adalah pengiriman via udara. Pengiriman Cargo jalur udara berarti segala jenis barang akan dikirim atau diangkut dengan menggunakan pesawat terbang yang telah dilengkapi dengan dokumen pengiriman barang tertentu seperti SMU (Surat Muatan Udara) atau AWB (Airwaybill). Cargo udara merupakan salah satu jenis pengiriman yang mengutamakan kecepatan pengiriman. Apabila kamu mengirimkan barang menggunakan pesawat barang akan sampai lebih cepat dari jalur lainnya, mungkin akan sampai pada 2-3 hari saja. Akan tetapi, pengiriman ini memiliki biaya pengiriman yang relatif lebih mahal dan muatan yang dikirimkan juga cukup terbatas.

Transaksi antar negara saat ini menjadi lebih mudah karena transformasi digital, oleh sebab itu hal ini menciptakan peluang baru yaitu kita bisa lebih leluasa dalam melakukan pembelian dan penjualan ke luar negeri.

Untuk harga pengiriman antar negara bisa cek disini: https://www.refincargo.com/pricing/

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.