3 Cara Sederhana Menjaga Lingkungan Tetap Lestari

3 Cara Sederhana Menjaga Lingkungan Tetap Lestari

Kekayaaan sumber dalam alam membuat manusia lebih mudah dalam menjalani kehidupan bahkan tidak hanya manusia, hewanpun akan tenang hidup tanpa mengusik kehidupan manusia. Meskipun selalu memberikan yang terbaik untuk manusia tapi berbanding terbalik apa yang di berikan manusia kepada alam. Yang mana kerusakan ekosistem lingkungan hidup terus berlanjut yang membuat alam semakin rusak yang berakibat pada tingginya angka terjadinya bencara alam serta semakin panasnya suhu yang kita rasakan.

Dengan segala dampak buruk yang sudah kita rasakan langsung saat ini tentunya kita selaku manusia harus kembali ke gaya hidup sehat serta ikut serta dalam melestarikan lingkungan hidup. Sudah banyak sekali pembahasan seputar cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah yang sudah di terbitkan mulai dari media online, tv hingga koran. Tapi kesadaran kita selaku manusia masih rendah terutama dalam hal membaca. Padahal untuk melestarikan lingkungan tidaklah sesulit yang di bayangkan. Berikut adalah beberapa usaha yang bisa di terapkan untuk melestarikan lingkungan yang bisa di terapkan di rumah

  1. Mengurangi Penggunaan Plastik

Kita semua tau plastik bukanlah bahan organik melainkan anorganik yang proses penghancurannya tidak akan bisa hancur ketika hanya di biarkan begitu saja. Bahkan beberapa plastik bekas kemasan mie instan mampu bertahan lebih dar 10-15 tahun di  tanah maupun di lautan.

Mengurangi penggunaan kantong plastik dengan membawa tas belanja sendiri merupakan salah satu solusi  sederhana yang bisa di terapkan. Sedangkan ketika membuat sampah plastik sebaiknya di bakar diri sendiri di rumah agar limbah tersebut hancur dan tidak menumpuk di TPA yang berakibat menghasilkan gas berbahaya di rumah.

  1. Menggunakan Sumber Daya Alam Secukupnya

Pemakaian sumber daya alam berupa air, batubara yang di olah menjadi listrik tentunya harus di gunakan secara maksimal dengan merawatnya dengan baik. Dengan tidak membuat sampah di laut, parit dan sekolan adalah bentuk usaha untuk menjaga sumber air agar tetap baik. Penggunaan kertas yang beralih ke perangkat digital seperti smartphone juga menjadi salah satu upaya melindungi serta melestarikan hutan karena kurangnya permintaan akan kertas menjadi penebangan hutanpun berkurang.

Menggunakan peralatan listrik hemat daya ini juga mengurangi konsumsi listrik di Indonesia khususnya yang mana bahan bakar listrik masih menggunakan batu bara yang setiap tambang batu bara akan berdampak negatif terhadap lingkunga.

  1. Mengolah Sampah

Sampah menjadi masalah serius saat ini terutama di kota-kota besar yang mana terjadi penumpukan sampah di TPA yang menghasilkan gas metana yang berbaya bagi tubuh. Salah satu bentuk usaha yang di lakukan di rumah adalah dengan memisahkan sampak organik dan bukan organik.

Sampah organik bisa di buat menjadi kompos yang secara ekonomi bisa di jual lagi atau untuk bercocok tanam sendiri. Selain itu ketika anda tidak ingin menggunakannya sampah organik yang di pisah anda posting ke media sosial banyak orang yang akan menjemputnya untuk di olah kembali.

Sedangkan sampah non organik yang di pisahkan akan lebih mudah dan cepat dalam proses penglemburan baik itu di bakar atau dengan cara lainya.

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.